Senin, 21 Mei 2012

Pengenalan Komponen PC


-Apa yang dimaksud dengan Komponen PC?
Komputer pribadi (PC) pada dasarnya adalah gabungan dari beberapa perangkat keras yang dirakit (assembly) menjadi satu kesatuan. Semua perangkat keras yang digunakan untuk membentuk sebuah komputer pribadi (PC) itulah yang disebut Komponen PC. Secara umum ,Komponen PC dapat dikategorikan berdasarkan kebutuhannya menjadi dua, yaitu komponen utama dan komponen tambahan.

-Apa yang dimaksud dengan komponen utama?
Sesuai dengan namanya komponen utama adalah perangkat keras yang harus ada untuk membangun sebuah PC.

 -Perangkat keras apa saja yang termasuk ke dalam komponen utama?
Perangkat keras yang harus ada untuk membangun sebuah PC adalah Motherboard, Prosesor, Memori, VGA, Harddisk, Casing & Power Supply, Monitor, dan Input Device.

1. Apa itu Motherboard?
Motherboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai wadah/tempat untuk menghubungkan berbagai perangkat keras menjadi satu kesatuan sehingga dapat disebut sebagai PC.


2. Apa itu Prosesor?
Prosesor adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai mesin utama untuk memproses semua pekerjaan yang dilakukan oleh PC.



3. Apa itu Memori?
Fungsi utama RAM atau yang dikenal dengan sebutan Memori adalah tempat menyimpan data yang sedang diproses oleh PC untuk sementara.


4. Apa itu VGA?
VGA atau yang istilah resminya Graphics Card adalah perangkat keras yang berguna untuk memproses semua kegiatan yang berhubungan dengan tampilan (display).



5. Apa itu Harddisk?
Harddisk adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data-data secara permanen.



6. Apa itu Casing dan Power Supply?
Casing adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat menyimpan perangkat keras lainnya. Sedangkan Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penyedia tenaga/listrik bagi perangkat keras lainnya.
                                                                                                               


7. Apa itu Monitor?
Monitor adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar/tampilan yang dihasilkan oleh PC.


8. Apa itu Input Device?
Input Device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memberi input kepada PC. Contoh dari Input Device adalah keyboard dan mouse.


-Apa yang dimaksud dengan komponen tambahan?
Komponen tambahan adalah perangkat keras yang tidak mutlak dibutuhkan oleh PC. Tanpa perangkat keras ini sebuah PC tetap dapat digunakan dengan normal. Beberapa perangkat keras yang termasuk kedalam komponen tambahan adalah:

1. CD/DVD Drive & Burner
CD/DVD Drive adalah perangkat keras yang fungsinya untuk menjalankan (membaca) data yang ada di kepingan CD/DVD. Sedangkan CD/DVD Burner merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk membakar (menulis) data ke dalam kepingan CD/DVD.


2. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat keras yang bisa dibawa kemana-mana (portable) yang berfungsi untuk menyimpan data.


3. Printer
Printer adalah perangkat keras yang fungsi utamanya untuk mencetak (mem-print) tulisan atau gambar dari PC ke media nyata (kertas, kain, dan lainnya).


4. Modem
Modem adalah perangkat keras yang gunanya untuk menghubungkan PC ke jaringan lainnya. Praktek yang paling sering digunakan adalah menghubungkan PC dengan Internet.


5. Wi-Fi
Wi-Fi adalah perangkat keras yang menghubungkan PC ke jaringan lainnya menggunakan teknologi nirkabel (tanpa kabel/wireless).









Tidak ada komentar:

Posting Komentar