Kamis, 17 Mei 2012

Jepang Ciptakan Telvisi 3D

Jepang Ciptakan Telvisi 3D Yang Bisa Dicubit Dan Diremas-Remas

TOKYO (Berita SuaraMedia) - Bayangkan, saat menonton TV tiga dimensi (3D) sensasi nyata tak hanya dirasakan dari sisi visualnya saja.
Anda juga bisa merasakan sensasi sentuhan sehingga apa yang dilihat terasa benar-benar nyata.

Berkhayal? Tentu saja tidak. Hal itu akan mungkin dilakukan dengan teknologi TV 3D terbaru yang tengah dikembangkan tim peneliti di Jepang.

Ya, mereka sedang menggarap sistem TV 3D pertama di dunia yang memungkinkan pengguna menyentuh, mencubit atau mencolek gambar yang ditayangkan, atau bahkan meremas-remasnya. Menarik bukan?

"Ini adalah pertamakalinya Anda bisa menyentuh gambar dalam tayangan 3D," kata salah satu anggota tim peneliti Norio Nakamura dari National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, Jepang.

"TV 3D ini nantinya membuat Anda bisa merasakan sensasi sentuhan seperti memukul bola karet atau meregangkan benda-benda kenyal dalam gambar 3D," tambahnya.

Dia menyebutkan, teknologi tersebut mengubah bentuk gambar 3 Dimensi ke dalam respons sentuhan, dibantu dengan kamera yang memonitor bagaimana jari-jari si pengguna bergerak. Demikian keterangan yang diberitakan AFP.

Masih belum diketahui kapan teknologi ini akan digunakan secara nyata namun pembuat teknologi ini melihatnya digunakan pada simulasi operasi bedah dan software video game di mana memungkinkan gamer mengalami sensasi memegang senjata atau memakai perangkat olah raga.

Teknologi ini bahkan bisa digunakan untuk memindai gambar untuk menambahkan realita yang sudah ada.

“Teknologi ini dapat menciptakan musium virtual di mana pengunjung termasuk orang-orang dengan gangguan penglihatan dapat meletakkan tangan mereka pada patung berharga yang biasanya mereka tidak bisa sentuh,” kata Nakamura. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar